Slider

header ads

Cara Menganalisa Foto Asli atau Palsu


Bagaimana cara mengetahui sebuah foto yang diunggah itu Asli atau Palsu ?

Belakangan ini banyak sekali postingan di sosial media dengan berbagai macam foto dengan dibumbui oleh berbagai macam cibiran, kadang tanpa melakukan pengecekan valid foto langsung kita share dan alhasil banyak sekali yang kemudian terjebak ikut ikutan nge-share “HOAX” apalagi tak jarang di sertai dengan cacian, makian yang menjadikan sebuah isu semakin panas. Meskipun pada akhirnya ketahuan hal tersebut termasuk hoax namun ibarat kata nasi sudah menjadi bubur, kayu sudah menjadi abu, sudah terlanjur ikutan mencaci maki, dan sudah terlanjur pula membuat situasi menjadi runyam. Hati - hati ya nanti bisa kena undang-undang ITE.

Ya meskipun sebuah foto mengandung banyak makna, sebuah foto bisa bersuara lebih keras dibandingkan kata - kata tetapi naif rasanya kalau kemudian mengganggap semuanya benar tanpa di cek & ricek kembali tanpa melihat dulu keaslian, kebenaran atau keabsahan tentang foto tersebut.

Cara Menentukan Foto ASPAL (Asli atau Palsu)

Selama ini petunjuk yang dijadikan acuan untuk menentukan keaslian sebuah foto hanyalah berdasarkan informasi dari metadata yang terdapat pada foto tersebut, walau terkadang kita dapat membedakan sebuah foto itu asli atau palsu hanya dengan melihatnya, tapi beberapa editor profesional dapat mengedit sebuah foto dan terlihat sangat alami seperti tanpa adanya rekayasa pada foto tersebut, Berikut ini beberapa metode yang dapat digunakan untuk membedakan foto asli atau rekayasa:

1. Exif Metadata

Pada dasarnya metadata adalah istilah dalam dunia teknologi informasi, yang kurang lebih berarti data yang merekam informasi penting mengenai sebuah file. Sementara EXIF sendiri adalah metadata yang khusus dipakai dalam dunia fotografi digital. EXIF menyimpan banyak informasi detail tentang sebuah file foto digital. EXIF adalah sebuah singkatan yang kepanjanganannya Exchangeable Image Format.

2. ELA (Error Lever Analysis)

Tingkat kesalahan level pada sebuah gambar, dengan mengidentifikasikan area pada suatu gambar dengan level kompresi yang berbeda.

3. Pola ketajaman pixel

Sebuah foto asli seharusnya memiliki pola yang sama, semisal itu di bagian wajah, tubuh, atau background. Pola ini dapat dilihat jika foto tersebut di zoom hingga kelihatan piksel-pikselnya

Contoh Kasus:
Disini saya menyiapkan 2 (dua) foto yang masing masing memiliki pembandingnya;

 
Foto 1 

Foto 2

Pada kedua foto sekilas memang tidak bisa dibedakan mana foto yang asli, maka kita lanjut menggunakan metode Exif metadata pada foto, caranya tekan tombol alt+Enter pada foto kemudian lihat di bagian details.

 Detail Foto 1 (Kiri) dan Detail Foto 2 (kanan)

Terlihat bahwa foto 1 tidak memiliki exif metadata, dan pada foto 2 terlihat bahwa foto pernah di olah menggunakan software Adobe Photoshop CS3.
Jadi kesimpulan sementara berdasarkan exif metadata foto 1 asli dan foto 2 kemungkinan sudah di modifikasi. Tetapi kita tidak boleh menganalisa foto hanya mengacu dan mengambil kesimpulan foto pada metadatanya saja, seperti yang ditulis diatas, karena sekedar proses save ulang foto saja pada sofware pengolah gambar dapat mengubah atau bahkan menghilangkan metadata pada sebuah foto/gambar, maka kita akan mencoba dengan metode selanjutnya yaitu dengan metode Error Level Analysis (ELA) menggunakan bantuan situs http://fotoforensics.com/

Pertama kita buka dulu http://fotoforensics.com kemudian Upload Foto atau masukkan URL Foto yang akan di analisa


Analisis ELA pada Foto 1

Analisis ELA pada Foto 2

Setelah kedua foto diatas selesai di upload kita lihat ada perbedaan yang sangat kontras antara kedua fotonya, pada foto 1 memiliki kualitas level (noise) yang rata dan tidak ditemukan adanya kejanggalan, sedangkan pada foto 2 memiliki kualitas level (noise) yang berbeda.

Jadi dapat kita ambil sebuah kesimpulan berdasarkan Error Level Analysis (ELA), bahwa foto 1 Original /Asli dan foto 2 kemungkinan sudah di manipulasi.

Melihat lebih dalam mengenai EXIF Metadata Foto menggunakan situs http://fotoforensics.com.

EXIF Metadata Pada Foto 1

EXIF Metadata Pada Foto 2

Terlihat sangat jelas sekali bahwa foto 1 tidak memiliki EXIF Metadata dan pada foto 2 memiliki EXIF Metadata dan terlihat bahwa foto pernah di olah menggunakan software Adobe Photoshop CS3 Windows, jadi dapat kita simpulkan dengan berdasarkan EXIF Metadata foto 1 adalah asli dan foto 2 sudah di modifikasi atau foto palsu. 

Demikianlah cara mengetahui foto ASLI atau PALSU. Semoga Anda adalah orang-orang yang bijak dalam menanggapi berita - berita tentang foto yang tersebar luas apakah merupakan foto asli atau bukan dan semoga Anda bisa berbuat kebaikan dalam memberikan informasi terhadap isu foto yang beredar bahwa foto tersebut asli atau palsu.

Post a Comment

0 Comments